Selasa, 07 April 2009

PPK DIBERI BANTUAN TIGA JUTA, TPS DIBERI DUA RATUS RIBU

MAJALENGKA – Pasca kegagalan tender pengadaan bilik suara di KPU Propinsi Jawa Barat, Pemerintah Kabupaten Majalengka telah memberikan bantuan keuangan sebesar Rp3 juta untuk Panitia Pemilu Kecamatan (PPK) dan Rp200 ribu untuk Tempat Pemungutan Suara (TPS). Bantuan keuangan diberikan untuk menutupi kekurangan logistik Pemilu, diantaranya pembuatan bilik suara.

Kemarin, Kepala Badan Koordinasi Pembangunan dan Pemerintahan (BKPP) Cirebon Ano Sutrisno mengapresiasi positif kebijakan Pemkab Majalengka atas kebijakan pemberian bantuan keuangan untuk PPK dan TPS. Mantan Sekretaris Daerah Kota Cirebon itu langsung memuji Kabupaten Majalengka sebagai Kabupaten terbaik dalam menyiapkan logistik Pemilu 2009. Meski anggaran daerah Kabupaten Majalengka tergolong relatif kecil namun kekurangan logistic Pemilu telah diantisipasi sedini mungkin.

Wakil Bupati Majalengka Karna Sobahi menyampaikan, Kabupaten Majalengka telah memberikan bantuan keuangan sebesar Rp3 juta untuk PPK dan Rp200 ribu untuk TPS. Menurut dia, bantuan keuangan tersebut telah sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 4/2009 yang ditindaklanjuti dengan surat edaran (SE) Menteri Dalam Negeri nomor 270/1021/sj tertanggal 25 Maret 2009. SE Mendagri menyebutkan, bahwa APBD Propinsi dan Kabupaten/Kota diperbolehkan memberikan bantuan anggaran ke KPU Propinsi dan Kabupaten/Kota.

“Kita telah memberikan bantuan keuangan sebesar Rp3 juta untuk PPK dan Rp200 ribu untuk TPS. Kita ingin penyelenggaraan Pemilu 2009 di Kabupaten Majalengka berjalan sukses dan aman sebagaimana Pilkada. Insya Allah dengan komitmen kita bersama, Pemilu 2009 akan berjalan dengan sukses,”tegas Karna Sobahi saat menerima kunjungan rombongan dari Wilayah III Cirebon.

Kepala BKPP Cirebon Ano Sutrisno menilai persiapan Pemilu 2009 di Kabupaten Majalengka telah siap dibanding Kabupaten lain di wilayah III Cirebon. Sebagaimana informasi dan hasil pantauan yang diterima BKPP, ada beberapa Kabupaten/Kota dari lima Kabupaten/Kota di wilayah III Cirebon yang masih ada masalah, khususnya bilik suara. Sementara KPU Kabupaten Majalengka dengan bantuan Pemkab Majalengka telah memberikan bantuan yang cukup untuk menutupi kekurangan bilik suara, yang gagal tender.

“Kekurangan logistic bilik suara sudah diatasi dengan bantuan keuangan dari Pemkab Majalengka. Koordinasi pengamanan sangat siap. Saya berani mengatakan, Kabupaten Majalengka siap untuk menyelenggarakan Pemilu 2009,”tandas Ano Sutrisno dalam kunjungan ke KPU Kabupaten Majalengka.

Wakil Bupati Majalengka Karna Sobahi didampingi Sekretarias Daerah Herman Sandjaya mengatakan, Pemerintah Daerah berani mengalokasikan anggaran bantuan keuangan sebesar Rp3juta per PPK dan Rp200.000 per TPS sebagai langkah antisipatif atas kekurangan logistic Pemilu 2009. Tentunya, dengan segala kekuatan pemerintah daerah dan Muspida, pelaksanaan Pemilu 2009 diharapkan dapat berjalan sukses, lancer dan aman.

“Kesuksesan Pemilu tidak hanya dilihat dari kesiapan logistic atau anggaran yang besar. Kesuksesan Pemilu dilihat pula dari angka partisipasi pemilih. Dengan demikian, saya mengajak seluruh pemilih untuk menggunakan hak pilihnya. Kami pun telah meminta kepada MUI (Majelis Ulama Indonesia) agar menyerukan kepada seluruh kaum muslimin untuk menggunakan hak pilihnya pada Kamis 9 April mendatang. Mari kita gunakan hak pilih maka pemilihan akan sukses,”himbau Karna

Ketua KPU Kabupaten Majalengka Muhyidin mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Majalengka, Kapolres Majalengka, Kejari Majalengka, Kodim 0617 Majalengka, Batalyon 321 Majalengka, Lanud S Sukani Majalengka dan seluruh komponen masyarakat yang telah menyiapkan segalanya untuk Pemilu 2009. Menurut Muhyidin, persiapan yang matang adalah awal dari perjalanan untuk menuju kesuksesan.

“Kesuksesan Pemilu 2009 ditentukan oleh seluruh komponen masyarakat. Kami dari KPU hanya berupaya menjembatani dalam penyelenggaraan Pemilu 2009. Mudah-mudahan dengan persiapan yang matang penyelenggaraan Pemilu dapat dilaksanakan dengan sukses dan aman. Disamping itu, kesuksesan Pemilu harus didukung dengan partisipasi pemilih dalam menggunakan hak pilihnya. Karena itu, saya mengajak kepada seluruh warga Majalengka yang memiliki hak pilih untuk menggunakan hak pilihnya,”himbau mantan aktifis HMI. (wp1)

3 komentar:

  1. pemda nyumbang logistik 200rb ??? ngibul...bul...bul. memang dr atasnya 200rb,tp kami selaku kpps desa cicadas kec jatiwangi hanya menrima 150ribu yg 50rb nya kami berikan ke kades, itu juga tadinya kades minat 100rb dengan alasan buat jamuan kalau kalau ada tamu......klasik sekali bos.padahal kami hari senin bekerja dari pagi sampe subuh boss, teu cumpon lah pokona mah. ngabelaan caleg tah anu ke geus jaradi mah moal inget-inget acan. tp kami ingat Allah maha segalanya,segala sesuatu pasti ada imbalannya, baik bagi kami ataupun mereka yg punya kepentingan. insya Allah do'a orang teraniaya akan dikabulkan, kami seperti sapi perah, diperalat coy.....
    assalam ah

    BalasHapus
  2. sorry euy lain hari senin tp kemis, maklum bakating ku balueng nyebut poe ge salah jadina.

    BalasHapus
  3. makasih atas infonya. mudah2an we janten amal sholeh. amin

    BalasHapus