Minggu, 12 April 2009

HARI PENCONTRENGAN BERJALAN AMAN

MAJALENGKA – Hari pencontrengan Pemilu 2009 di Kabupaten Majalengka berjalan aman dan lancar. Ketua KPU Kabupaten Majalengka Muhyidin mengucapkan terima kasih kepada seluruh elemen masyarakat atas pelaksanaan pencontrengan, Kamis (9/4) , telah berjalan lancar dan aman.

Dia mengatakan, beberapa tahapan Pemilu 2009 telah dilalaui dengan lancar dan aman. Pencontrengan merupakan rangkaian dari seluruh tahapan Pemilu 2009 yang juga berlangsung aman dan lancar. Pria asal Kecamatan Leuwimunding, Kabupaten Majalengka ini, berharap seluruh tahapan Pemilu 2009 dapat berjalan aman dan lancar.

“Pemilu 2009 belum selesa. Masih ada tahapan lain, yakni penghitungan suara. Mudah-mudahan, tahapan penghitungan suara dapat berjalan dengan aman dan lancar,”harap Muhyidin kepada warta pemilu.blogspot.com, beberapa waktu lalu.

Muhyidin mengungkapkan, hasil pemantauan ke beberapa TPS di Kabupaten Majalengka, KPU melihat masyarakat masih antusis untuk melaksanakan pencontrengan. Karena itu, pihaknya optimis tingkat partisipasi pemilih akan naik dari Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Majalengka. Insya Allah akan mencapai lebih dari 80 %.

“Seluruh TPS di Kabupaten Majalengka telah menyelenggarakan pencontrengan dengan baik. Ada beberapa TPS yang kebingungan setelah melihat kertas penghitungan suara. Penyebabnya, dalam kertas tersebut tertera nama partai berikut nama calon legislatif. Disamping itu, kertas suara menggunakan pola pencontrengan sehingga menjadikan petugas KPPS dan saksi harus ekstra hati-hati. Waktu yang dibutuhkan untuk proses penghitungan suara di KPPS minimal enam jam sampai 12 jam,”ungkap Muhyidin.

Ketua Panitia Pemungutan Suara (PPS) Desa Panyingkiran, Kecamatan Jatitujuh, Kabupaten Majalengka Cecep Pahrudin mengatakan, pola pemilihan suara terbanyak telah menghabiskan waktu hingga 10 jam untuk penghitungan suara di TPS. Dia mengaku baru dapat menghitung suara di PPS pada keesokan harinya bersama saksi partai.

“Kita menghitung pada Jumat. Kasihan, petugas PPS terus memantau pelaksanaan pencontrengan dan penghitungan suara hingga malam hari. Untuk itu, pelaksanaan penghitungan di PPS dilaksanakan pada keesokan harinya,”ujar Cecep kepada warta pemilu.blogspot.com via ponsel.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar